BAB I
PENDAHULUAN
Sebagai
seorang muslim, kita perlu mengetahui apa itu Syirkah? mungkin kita pernah
mendengar kata Syirkah (Perkongsian), yang mana syirkah atau
perkongsian tersebut merupakan salah satu pembahasan yang penting dalam fiqih
muamalah.
Syirkah atau
perkongsian adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu keuntungan melalui
kerja sama dengan menggabungkan atau mencampurkan harta seseorang dengan harta
orang yang diajak untuk kerja sama untuk dijadikan modal usaha, namun tidak
hanya itu masalah yang ada pada perkongsian atau syirkah, masih banyak lagi
pembahasan yang perlu di ketahui, oleh karena itu dalam makalah ini penulis
ingin mencoba mengupas lebih dalam lagi mengenai perkongsian atau syirkah.
Makalah ini
penulis susun untuk keperluan mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan Syariah
prodi Perbankan Syariah, namun materi yang terkandung didalamnya penting pula
diketahui oleh masyarakat umum dan semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi
rekan mahasiswa, dosen, masyarakat umum dan penulis tentunya.
BAB II
SYIRKAH
A.
Definisi syirkah
Syirkah menurut bahasa berarti percampuran. Sedangkan menurut istilah
syirkah berarti kerja sama antara dua orang atau lebih dalam berusaha yang
keuntungan dan kerugiannya ditanggung bersama. Syirkah menurut bahasa
adalah al-ikhtilath yang artinya campur atau percampuran. Demikian
dinyatakan oleh Taqyuddin. Maksud percampuran di sini ialah seseorang
mencampurkan hartanya dengan harta orang lain sehingga tidak mungkin untuk
dibedakan. Kata syirkah dalam bahasa Arab berasal dari kata syarika (fi’il
mâdhi), yasyraku (fi’il mudhâri’), syarikan/syirkatan/syarikatan (mashdar/kata
dasar); artinya menjadi sekutu atau serikat (Kamus Al-Munawwir, hlm. 765).
B.
Hukum
Syirkah
1. Hukum
Kepastian (nuzum) Syirkah
Kebanyakan ulama fiqih berpendapat bahwa akad syirkah
di bolehkan, tetapi tidak lazim. Oleah
karena itu, salah seorang yang bersekutu dibolehkan membatalkan akad atas
sepengetahuan rekannya untuk menghindari kemudaratan.
2.
Kewenangan syarik (yang berserikat)
Para ahli fiqih sepakat bahwa kewanangan syarik
perkongsian adalah amanah, seperti dalam titipan kerena memegang atau
menyerahkan harta atas izin rekannya.
C.
Rukun
Syirkah
1) Pemegang
saham
2) Modal
3) Ijab
qabul
D.
Jenis-jenis
syirkah
1) Syirkah Inan
Syirkah inan
adalah syirkah yang mana 2 pihak atau lebih, setiap pihak menyumbangkan modal
dan menjalankan kerja. Contoh bagi syirkah inan: Khalid dan Faizal berbagi
menjalankan perniagaan burger bersama-sama dan masing-masing mengeluarkan modal
RP.50.000 setiap seorang. Perkongsian ini diperbolehkan berdasarkan As-Sunnah
dan ijma’sahabah. Disyaratkan bahawa modal yang dibagi adalah berupa uang.
Modal dalam bentuk harta benda seperti kereta mestilah diakadkan pada awal
transaksi.
Kerja sama
ini dibangun oleh konsep perwakilan(wakalah) dan kepercayaan(amanah). Sebab
masing-masing pihak, dengan memberi/berkongsi modal kepada rekan kongsinya
bererti telah memberikan kepercayaan dan mewakilkan kepada rekan kongsinya
untuk mengelola perniagaan. Keuntungan adalah berdasarkan kesepakatan semua
pihak yang bekerja sama manakala kerugian berdasarkan peratusan modal yang
dikeluarkan. Abdurrazzak dalam kitab Al-Jami’ meriwayatkan dari Ali r.a yang
mengatakan: “kerugian bergantung kepada modal, sedangkan keuntungan bergantung
kepada apa yang mereka sepakati”.
2) Syirkah
Abdan
Perkongsian abdan adalah perkongsian 2 orang atau
lebih yang hanya melibat tenaga(badan) mereka tanpa melibatkan perkongsian
modal. Sebagai contoh: Jalal adalah tukang buat rumah dan Rafi adalah juruelektrik
yang berkongsi menyiapkan proyek sebuah rumah. Perkongsian mereka tidak
melibatkan perkongsian kos. Keuntungan adalah berdasarkan persetujuan mereka.
Syirkah abdan hukumnya mubah berdasarkan dalil
As-sunnah. Ibnu mas’ud pernah berkata” aku berkongsi dengan Ammar bin Yasir dan
Saad bin Abi Waqqash mengenai harta rampasan perang badar. Sa’ad membawa dua
orang tawanan sementara aku dan Ammar tidak membawa apa pun” (HR Abu Dawud dan
Atsram). Hadith ini diketahui Rasulullah s.a.w dan beliau membenarkannya.
3) Syirkah
Mudharabah
Syirkah Mudharabah adalah syirkah dua pihak atau lebih
dengan ketentuan, satu pihak menjalankan kerja (amal) sedangkan pihak lain
mengeluarkan modal (mal). (An-Nabhani, 1990: 152). Istilah mudharabah dipakai
oleh ulama Iraq, sedangkan ulama Hijaz menyebutnya qiradh. (Al-Jaziri, 1996:
42; Az-Zuhaili, 1984: 836). Sebagai contoh: Khairi sebagai pemodal memberikan
modalnya sebanyak RM 100 ribu kepada Abu Abas yang bertindak sebagai pengelola
modal dalam pasaraya ikan.
Ada 2 bentuk lain sebagai variasi syirkah mudharabah.
Pertama, 2 pihak (misalnya A dan B) sama-sama memberikan mengeluarkan modal
sementara pihak ketiga (katakanlah C) memberikan menjalankan kerja sahaja.
Kedua, pihak pertama (misalnya A) memberikan konstribusi modal dan kerja
sekaligus, sedangkan pihak kedua (misalnya B) hanya memberikan konstribusi
modal tanpa konstribusi kerja. Kedua-dua bentuk syirkah ini masih tergolong
dalam syirkah mudharabah (An-Nabhani, 1990:152).
Dalam syirkah mudharabah, hak melakukan tasharruf
hanyalah menjadi hak pengelola. Pemodal tidak berhak turut campur dalam
tasharruf. Namun demikian, pengelola terikat dengan syarat-syarat yang
ditetapkan oleh pemodal. Jika ada keuntungan, ia dibagi sesuai kesepakatan di
antara pemodal dan pengelola, sedangkan kerugian ditanggung hanya oleh pemodal.
Sebab, dalam mudharabah berlaku wakalah (perwakilan), sementara seorang wakil
tidak menanggung kerosakan harta atau kerugian dana yang diwakilkan kepadanya
(An-Nabhani, 1990: 152). Namun demikian, pengelola turut menanggung kerugian
jika kerugian itu terjadi kerana melanggar syarat-syarat yang ditetapkan oleh
pemodal.
4) Syirkah
Wujuh
Disebut syirkah wujuh kerana didasarkan pada
kedudukan, ketokohan atau keahlian (wujuh) seseorang di tengah masyarakat.
Syirkah wujuh adalah syirkah antara 2 pihak (misalnya A dan B) yang sama-sama
melakukan kerja (amal), dengan pihak ketiga (misalnya C) yang mengeluarkan
modal (maal).
Dalam hal ini, pihak A dan B adalah tokoh masyarakat.
Syirkah semacam ini hakikatnya termasuk dalam syirkah mudharabah sehingga
berlaku ketentuan-ketentuan syirkah mudharabah padanya. (An-Nabhani, 1990:154)
Bentuk kedua syirkah wujuh adalah syirkah antara 2 pihak
atau lebih yang bersyirkah dalam barangan yang mereka beli secara kredit, atas
dasar kepercayaan pedagang kepada keduanya tanpa sumbangan modal dari
masing-masing pihak. Misalnya A dan B tokoh yang dipercayai pedagang. Lalu A
dan B bersyirkah wujuh dengan cara membeli barang dari seorang pedagang C
secara kredit. A dan B bersepakat masing-masing memiliki 50% dari barang yang
dibeli. Lalu keduanya menjual barang tersebut dan keuntungannya dibagi dua,
sedangkan harga pokoknya dikembalikan kepada C (pedagang).
Dalam syirkah kedua ini, keuntungan dibagi berdasarkan
kesepakatan, bukan berdasarkan nisbah barang dagangan yang dimiliki. Sedangkan
kerugian ditanggung oleh masing-masing pengusaha wujuh usaha berdasarkan
kesepakatan. Syirkah wujuh kedua ini hakikatnya termasuk dalam syirkah ‘abdan
(An-Nabhani, 1990:154). Namun demikian, An-Nabhani mengingatkan bahawa
ketokohan (wujuh) yang dimaksud dalam syirkah wujuh adalah kepercayaan kewangan
(tsiqah maliyah), bukan semata-mata ketokohan di masyarakat.
Maka dari itu, tidak sah syirkah yang dilakukan
seorang tokoh (katakanlah seorang menteri atau pedagang besar), yang dikenal
tidak jujur atau suka memungkiri janji dalam urusan kewangan. Sebaliknya sah
syirkah wujuh yang dilakukan oleh seorang biasa-biasa saja, tetapi oleh para
pedagang dia dianggap memiliki kepercayaan keuangan (tsiqah maliyah) yang
tinggi misalnya dikenal jujur dan tepat janji dalam urusan keuangan.
5) Syirkah
Mufawadhah
Syirkah mufawadhah adalah syirkah antara 2 pihak atau
lebih yang menggabungkan semua jenis syirkah di atas (syirkah inan, ‘abdan,
mudharabah dan wujuh). Syirkah mufawadhah dalam pengertian ini, menurut
An-Nabhani adalah boleh. Sebab, setiap jenis syirkah yang sah berdiri sendiri
maka sah pula ketika digabungkan dengan jenis syirkah lainnya.
Keuntungan yang diperoleh dibagi sesuai dengan
kesepakatan, sedangkan kerugian ditanggung sesuai dengan jenis syirkahnya; yaitu
ditanggung oleh pemodal sesuai dengan nisbah modal (jika berupa syirkah inan)
atau ditanggung pemodal sahaja (jika berupa syirkah mudharabah) atau ditanggung
pengusaha usaha berdasarkan peratusan barang dagangan yang dimiliki (jika
berupa syirkah wujuh). Contoh: A adalah pemodal, menyumbang modal kepada B dan
C, dua jurutera awam yang sebelumnya sepakat bahawa masing-masing melakukan
kerja. Kemudian B dan C juga sepakat untuk menyumbang modal untuk membeli
barang secara kredit atas dasar kepercayaan pedagang kepada B dan C.
Dalam hal ini, pada awalnya yang ada adalah syirkah
‘abdan iaitu B dan C sepakat masing-masing bersyirkah dengan memberikan
konstribusi kerja sahaja. Lalu, ketika A memberikan modal kepada B dan C,
bererti di antara mereka bertiga wujud syirkah mudharabah. Di sini A sebagai
pemodal, sedangkan B dan C sebagai pengelola. Ketika B dan C sepakat bahawa
masing-masing memberikan suntikan modal di samping melakukan kerja, bererti
terwujud syirkah inan di antara B dan C. Ketika B dan C membeli barang secara
kredit atas dasar kepercayaan pedagang kepada keduanya bererti terwujud syirkah
wujuh antara B dan C. Dengan demikian, bentuk syirkah seperti ini telah
menggabungkan semua jenis syirkah yang ada yang disebut syirkah mufawadhah.
6) Syirkah Al milk
Syirkah Al Milk mengandung arti kepemilikan bersama
(co-ownership) yang keberadaannya muncul apabila dua orang atau lebih
memperoleh kepemilikan bersama (joint ownership) atau suatu kekayaan (aset).
Misalnya, dua orang atau lebih menerima warisan/hibah/wasiat sebidang tanah
atau harta kekayaan atau perusahaan baik yang dapat dibagi atau tidak dapat
dibagi-bagi. Contoh lain, berupa kepemilikan suatu jenis barang (misalnya,
rumah) yang dibeli bersama. Dalam hal ini, para mitra harus berbagi atas harta kekayaan
tersebut berikut pendapatan yang dapat dihasilkannya sesuai dengan porsi
masing-masing sampai mereka memutuskan untuk membagi atau menjualnya.
Untuk tetap menjaga kelangsungan kerja sama,
pengambilan keputusan yang menyangkut harta bersama harus mendapat persetujuan
semua mitra. Dengan kata lain, seorang mitra tidak dapat bertindak dalam
penggunaan harta bersama kecuali atas izin mitra yang bersangkutan. Syirkah al
milk kadang bersifat ikhtiyariyyah (ikhtiari/sukarela/voluntary) atau
jabariyyah (jabari/tidak sukarela/involuntary). Apabila harta bersama
(warisan/hibah/wasiat) dapat dibagi, namun para mitra memutuskan untuk tetap
memilikinya bersama, maka syirkah al milk tersebut bersifat ikhtiyari
(sukarela/voluntary).
Contoh lain dari syirkah jenis ini adalah kepemilikan
suatu jenis barang (misalnya rumah) yang dibeli secara bersama. Namun, apabila
barang tersebut tidak dapat dibagi-bagi dan mereka terpaksa harus memilikinya
bersama, maka syirkah al milk bersifat jabari (tidak sukarela/involuntary atau
terpaksa). Misalnya, syirkah di antara ahli waris terhadap harta warisan
tertentu, sebelum dilakukan pembagian.
E.
Hal Yang Membatalkan Syirkah
Hal yang
membatalkan syirkah terbagi atas dua hal. Ada perkara yang membatalkan syirkah
secara umum dan ada pula yang membatalkan sebagian yang lainnya.
1.
Pembatalan syirkah secara umum
a) pembatalan
dari salah seorang yang bersekutu
b) meninggalnya salah seorang syarik
c) salah seorang syarik murtad dan membelot
d) gila
2.
pembatalan secara khusus sebagian syirkah
a) harta syirkah rusak
apabila harta syirkah rusak seluruhnya atau harta
salah seorang rusak sebelum di belanjakan, perkongsian batal. Hal ini terjadi
pada syirkah amwal. Alasannya, yang menjadi barang transaksi adalah harta maka,
kalau rusak, akad menjadi batal sebagaimana terjadi pada transaksi jual beli.
b) tidak ada kesamaan modal
apabila tidak ada kesamaan modal dalam syirkah
mufawadhah pada awal transaksi, perkongsian batal sebab hal itu merupakan
syarat transaksi mufawadhah.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian makalah diatas dapat disimpulkan
bahwa Syirkah adalah suatu akad antara dua
pihak atau lebih, yang bersepakat untuk melakukan suatu usaha dengan tujuan
memperoleh keuntungan.Tentu saja dengan tujuan dan jalan yang diperbolehkan
dalam agama.Dengan demikian,dapat terjalin ukhuwah islamiyah di dalam
masyarakat,dengan adanya syirkah yang di jalankan.Karena satu pihak tentu akan
senang mempunyai partner syirkah yang baik.sehingga bisa dikatakan bahwa dengan
syirkah akan dapat menjalin silaturahmi.Dan hal ini sejalan dengan fitrah
manusia sebagai mahkluk sosial yang tak bisa hidup sendiri dan membutuhkan
sesama.
B.
Daftar
Pustaka
1.
Haroen,nasrun.fiqqh
muamalah,(Jakarta:gaya media pratama,2007)
2.
Suhendi,hendi,
fiqh muamalah, (Jakarta; raja grafindo persada, 2007)
3.
Syafe’I,
rachmat, fiqh muamalah, (bandung: pustaka setia, 2000)
4.
Sabiq,
sayyid, fiqh sunnah 12, (bandung: PT.alma’arif, 1987)
No comments:
Post a Comment